Wednesday, January 18, 2012

SOPA STRIKE!!

beberapa waktu yang lalu, akun saya @noezack menshare tentang SOPA dan PIPA, dan banyak bertanya. apa itu SOPA dan PIPA?



Definisi SOPA dan PIPA


SOPA atau itu singkatan dari "Stop Online Piracy Act yang diangkat oleh US House of Representative (semacam MPRnya US) dan PIPA itu singkatan dari "Protected IP Act" yang diangkat oleh US Senate (semacam DPRnya US) kedua hal ini adalah rancangan undang-undang US untuk menghentikan semua kegiatan "piracy" secara online

sekilas dari singkatannya kita berpikir, oooh. it will good for us, no more copying our article, and others. WRONG!

di RUU ini, US berhak untuk menutup atau memblokir semua kegiatan yang menyangkut tentang piracy, dan dampaknya bukan hanya untuk US saja, tapi secara global-wide.

SOPA berhak menutup dan memblokir situs-situs yang dinilai secara ilegal yang telah melanggar hak cipta.
Bayangkan saja kalo UU SOPA ini benar-benar diterapkan, Anda tidak akan bisa dapet musik gratis, bahkan software-software yang dulu mudah Anda dapatkan link unduhannya, bakal hangus. Semua jadi serba beli. NO FREE, EVERYTHING IS COPYRIGHT. Dan hidup Anda akan mulai pelan-pelan HAMPA, tanpa musik, tanpa software grafis, tanpa Microsoft Office, kecuali beli.

Situs dari luar Amerika terancam di blokir

Penerapan SOPA dan PIPA tidak hanya berdampak pada situs yang berasal dari Amerika saja, akan tetapi pengaruhnya akan tampak lebih meluas bagi situs yang berasal dari luar Amerika. SOPA dianggap jauh lebih garang dibandingkan dengan PIPA disebabkan SOPA menyatakan bahwa situs yang melakukan atau memfasilitasi pelanggaran hak cipta digolongkan sebagai situs yang melanggar peraturan tersebut.

Jika hal ini terjadi maka situs-situs dari luar Amerika bisa diblokir secara sepihak. Ada dua kemungkinan pemblokiran yang bisa dilakukan yang pertama adalah memblok situs yang melanggar, akan tetapi cara ini kemudian dihilangkan disebabkan banyak kalangan yang melakukan protes. Serta cara kedua adalah menghentikan segala bisnis serta penyedia jasa yang memfasilitasi bisnis tersebut.

Jika demikian maka Anda yang memiliki sebuah situs dengan market penduduk Amerika dan terbukti melakukan tindakan pelanggaran hak cipta maka segala hal yang menyangkut urusan bisnis di situs Anda akan dihentikan sebagai contoh jika di web Anda terdapat Google Adsene,CJ, menggunakan Paypal, atau lainnya maka layanan ini akan segera di hentikan. Lebih parahnya lagi maka situs Anda tidak akan muncul dalam hasil pencarian Google.

Perang terhadap SOPA

Banyak kalangan yang menentang SOPA. Pada tanggal 15 November tahun lalu beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Google, ebay, OAL, Yahoo telah menulis surat kepada senat dan Dewan untuk penentangan undang-undang ini.

Beberapa pengamat juga ada yang menyatakan bahwa SOPA dan PIPA merupakan wujud dari peperangan antara industri ‘Hollywood’ dengan ‘Silicon Valley’. Hollywood dianggap balas dendam karena mereka tak mampu memerangi pembajakan, dan seharusnya lebih menekankan pendekatan untuk melawan hal ini dari sisi bisnisnya.

dan sejauh ini, saya menemukan Wikipedia-English,The Pirate Bay, menentang keras dengan mem"black-out" website mereka selama 24 jam pada hari Rabu (18/1) waktu setempat.

Jadi, apa kita akan tinggal diam dengan kebijakan yang merenggut kebebasan berbicara kita dan privasi kita?

untuk dukung SOPA STRIKE! silahkan datang ke http://sopastrike.com/ and kick their ASS!

#SOPASTRIKE

0 comment:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More